Cari Blog Ini

Selasa, 24 April 2012

HIDUP di JEPANG



hallow semuanya!!ogenki desuka (apa kabar?)
udah 3hari ini sejak 21 april 2012 saya memulai hidup baru di jepang,tepatnya di toyohashi aichiken..sy ke jep ada 3kali dgn skrg,pertama waktu sinkonryoko (bulan madu) kedua homestay selama 2bulan setengah di nagoya..n yg skrg visa sy ambil 1tahun di jpg,nanti bisa di perpanjang di imigrasi setempat tanpa harus pulang ke indonesia dulu..
utk stay di jepang gak kepikiran sebelumnya,krn suami saya sudah cinta mati sama kehidupan di indonesia terutama Bali,alasannya,*di Bali dgn uang 5juta sebulan sdh bisa makan enak n santai2* kalo saya mengartikan suami saya *agak malas*, krn sy gak bisa spt itu krn kalo skrg sih msh oke saja ya krn blm punya keturunan kalo udah punya anak repot juga ya..kita harus punya tabungan,punya rumah,utk menjamin kehidupan layak utk kita..palagi menikah dgn org asing..pajaknya di indo kan besarr setahun harus siapin 15juta,blm kontrakan di bali rata2 skrg yg sederhana 15juta/thn..ditambah pula omongan dr org2 di kampung..`menikah dgn org jepang kok gak punya apa2..sakit hati toh!
akhirnya suamiku mengerti juga..dan sampailah sy di jpg..suami sy duluan ke jpg..6bln kmudian barulah sy menyusul letika keadaan mulai aman (keuangan..sebenernya msh morat marit juga c)
berbekal pengalam 2 setengah bulan homestay tsb...saya sebenernya gak terlalu suka tgl di jpg..krn perubahan musim yg banyak itu..kalo musim dingin..dingin bgt sampe menusuk ke tulang*katanya..soalnya blm ngerasain c ya..* dan musim panas yg panas bgt..sampe 38derajat..sy sih suka panas..lebih semangat kalo dingin kepala saya cepet pusing,telinga berdenging,utk menghilangkan kepala pusing tsb saya jd BANYAK MAKAN! tp karena cita-cita dan omongan org kampung sy yg bikin sakit hati tsb..saya akan berusah sekuat tenaga supaya betah..SEMANGAT..seorang pemenang tidak akan menyerah sebelum ia meninggalkan dunia..bgitu kata2 org bijak..
persiapan apa saja sih yg saya persiapan guna mengahadapi PERANG di jepang ini : *nyebutnya perang krn memang dlm hati saya,saya lagi perang lagi keluar dr kehidupan nyaman saya di Bali**

1. selain dokumen n surat2 (sudah pasti ya,kalo gak komplit gak bs ke jep,palagi sampe minta ijin tinggal 1tahun)
2.VITAMIN dan obat2an..
sy termasuk yg sugesti person,dulu pas homestay sy sering sakit..makan sedikit yg aneh mual,pergi ke tempat yg dingin mual..masuk supermarket dgn AC yg dingin mau pingsan..sampe cuman makan jelly drink 0 kalori mual..pokoknya sering bgt kayak org hilang keseimbangan n rasanya mau pingsan..setelah baca buku n browsing disana-sini itu penyakit STRESS namanya..saya gak rileks dgn kehidupan org jep..mana pula sy punya riwayat tekanan darah rendah..jd dr indo sy sudah nyiapin hal2 utk mengatasi kalo tiba2 saya mual..saya bawa vitamin,balsem,minyak kayu putih,tolak angin,dll biasanya dgn minum teh manis anget n badan dibalur minyak kayu putih 10menit saja sudah kembali pulih...nu penting *jangan banyak pikiran..santai saja*
3. Bumbu2 masakan Indonesia
sebenernya di online shop banyak yg jual..tp sy kan mau ngirit jd bw dr indo saja utk sementara kalo beli di online shop harganya 10kali lipat lbh mahal..sayang.dr bumbu ayam goreng,opor,rendang,pecel,nasi goreng,kecap,sambel botol.lumayan utk beradaptasi dgn bumbu2 jep.oia saya bw tempe yg blm jd sy masukin ke koper 4 biji lalu bungkus pake plastik item katanya supaya gak diperiksa2 beacukai di jpg di bandara..kalo ditanya bilang baju gitu..ternyata pas di bandara sy gak ditanya apa2 malah ditanya tgl dimana..nyesel saya gak bawa jengkol/pete/rendang yg sudah dimasak kan..kt temen2 sih kalo gak dipres atau kering2 gak boleh masuk..hiksss..oia balik lg dgn tempe..pas sampe rmh tuh tempe udah 3 hari gak keluar raginya atau yg putih2nya gak ada gak jadi kyknya bakterinya gak idup jdnya tempe tsb aku masak bumbu kecap saja..rasanya krg enak hiksss..skrg baru sampe sini kalo mu ke jep bawa deh krupuk yg banyak,sambel botol,ikan asin,kecap,sama cemilan indo..disini mahal..malah aku gak liat ada yg jual krupuk deh..oia sama teh juga..lumayan kan di indo tehnya enak n murah disini mahal..klo kopi disini lbh enak kopinya..
4. pakaian
kalo baju aku gak bw banyak krn setauku di jpg banyak baju murah kok jgn beli di mall beli di recycle palagi buat yg kurus byk sekali pilihan biasanya di tempat ini bajunya msh bagus,,palagi sepatu n sandalnya keliatan baru..bersih gak kayak second...harganya dr 100en (11ribuan) aku dapet beli sepatu boat kulit harga 70ribu rupiah..aku hanya bw celana yg banyak maklum size aku agak susah besarr booo..
5. Buku
aku bw kamus,buku pelajaran bhs jep,gak usah banyak tp buat baca2 diwaktu senggang soalnya nyari di jep yg ada terjemahan indo susah kan
6. jaket n selimut/pashmina
ini berguna di dlm pesawat krn dlm pesawat duingin bgt palagi sampe pake air asia yg transit di KL 5jam..duh tuh bandara duingiinn..
7. mental
saya siapkan mental..sblm berangkat sy browsing ttg pengalaman org yg tgl di jep,ttg suka dukanya..kdg2 byk tips supaya kita sukses hidup di jep..itu sgt berguna lho..

oke sekian dulu alo inget tar disambung lagi..mau masak dulu..

4 komentar:

  1. artikel ini udah lama ya??? baru baca.. :p tapi kereeennn..pengen ke jepang... update terus tentang jepang :D
    penulisan nya kocak abis... gmail g bis login, jd anonymus ja. :)

    BalasHapus
  2. anonim di atas adalah saya :)

    BalasHapus
  3. mbak arin gimana cara ngeshare blog nya embak ? saya pengen temen - temen juga baca arytikelnya embak hehe v

    BalasHapus
  4. Artikel yang menarik... Saya ingin berbagi article tentang Kuil Todaiji di http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/05/nara-di-kuil-todai-ji.html
    Lihat juga video di youtube https://youtu.be/2i-MwzfWvs4

    BalasHapus