Cari Blog Ini

Selasa, 09 Oktober 2012

Pernikahan di Jepang

Tanggal 7 Oktober 2012 kemarin dapat undangan nikah dari sodara sepupu suami..antara senang dan maless aku..senang krn keluarga besar semua ngumpul,diadakan di Osaka (calon suami sodara sepupu berasal dari Osaka)..jadi saya gak perlu jauh2 ke Aomori ken (kota paling ujung pulau Honshu ini,dimana kampung halaman keluarga besar suamku) kalo dari tempatku naik pesawat sekitar 2jam ke Aomori..dan biayanya sama dengan pulang ke indonesia..hikss..jadi mau gak mau saya n suami harus hadir..yang bikin saya malesss adalah pernikahan di Jepang itu uang `Amplopnya` bikin sakit hatee..T_T bukannya pelit temen2 tapi saya kan dalam keuangan yg morat marit pas2an jd sedikit terbebani..1 orang kudu (udah ditentukan dari rapat keluarga besar) nyumbang angpau sebesar 30.000en (Rp.3.300.000,-/orang) jadi kaliin 2 untuk saya n suami..ampir 7juta utk amplop saja..belum hotel,biaya bensin, biaya oleh2 untuk temen kerja suami n biaya ini itu..hohoho rasanya gak relaaaa...(sodara pelitkah saya??) dan tigapuluh ribu yen itu adalah karena saya n suami termasuk level keuangan yg miskin rendah kalo keluarga yg lain adalah ¥50.000/pax..yeah mau gak mau kudu di-ikhlas-in ambil selalu positifnya..bisa ketemu nenek suami (udah berumur 95tahun), ketemu merua, bibi n om..malah sebagian besar kalo gak acara seperti ini mungkin gak ketemu..pertalian sodara  di jepang n Indonesia sagat berbeda..walopun sepupu tapi `terasa jauh`..malah di keluarga suami kalo saya bandingkan dgn org2 jepang yg lainnya..keluarga suami termasuk kompak dan dekat..waktu saya menikahpun ada beberapa sodara dan bibi yg hadir padahal itu jauh kan..^^ (pada saat itupun amplopnya bikin mata saya melotot..mangkanya jd bisa honeymoon ke jepang..kalo gak mana bisa..hahha)dan pantes amplop yg akan kita berikan ke pengatin tsb harus diisi nama, maksudnya ya biar bisa `dikembalikan` saat kita mengadakan upacara/perayaan dikemudian hari..seperti kelahiran/pernikahan..apa yg kita kasih nanti akan diganti dikemudian hari..tapi rata2 angpau untuk nikah itu biasanya 1juta-2juta-an per orang..diliat juga segimana deketnya kita sama org yg nikah tsb,atau acaranya diadakan dimana..semakin mewah ya semakin besar angpaunya..di Jepang pernikahan paling mewah itu di kota Nagoya katanya..
*si pengantin dan ortu mereka
*saya n sepupu suami
* 3 generasi, nenek,ibu dan penganti perempuan
* tutupan kepala sudah dilepas..ini berarti sudah sah secara agama mereka suami-istri,dan permasangan cincin kawin
* itu lho kerang yg ditiup mengeluarkan bunyi musik dari lau ARAFURU indonesia..^^
* makanan mahal tp gak cocok disaya..btw ada serpihan sebuk emasnya pula..aduhhh saya makan emas..rasanya?hambarrr
* si pengantin berkeliling berfoto dgn para hadirin semua..
Sebenernya saya bersyukur juga hadi (pada akhirnya!^^) karena perayaan pernikahannya memberi pengalaman yg indah..menyenangkan..pernikahan yang saya hadiri ini termasuk mewah ada 2kali prosesi..ke Jinja (secara tradisonil sipengantin lengkap berpakaian wedding ala jepang..)disana prosesinya ada pemuka agama membacakan doa2 lalu pihak keluarga cewek dan cowok saling berkenalan (termasuk saya dikenalin juga..hihi si bapaknya si cewe bilang ` ini arin,dia berasal dari Indonesia)..semua mata memandang tersenyum ke saya..mungkin heran kali ya ada orang asing..gimana kalo saya berasal dari Amerika pasti lebih terkesima semua hahaha..setelah acara tradisionil semua keluarga berangkat ke DOJIMA Hotel (tempat wedding terkenal di osaka,high class katanya!)untuk acara makan2 dan prosesi wedding modernnya..(sebagian besar org jepang lebih milih prosesi modern saja..krn lebih simple dan gak terlalu byk biaya yg keluar)..terdiri dari menyangksikan slideshow profile pengatin..foto2 mereka masih balita,lalu masa remaja n masa2 pacaran mereka..abis itu acara toss (kampai) yg hadir dikasih sake..utk anak2 dikasih softdrink..trus beberapa kata sambutan dari rekan2 pengantin dan juga dari salah satu dari keluarga (biasanya si orang tua pengantin) lalu pertunjukkan surprised baik dari keluarga/pengantin prianya..kali ini dari pihak cewek keluarga cewe (bapak n kakak laki2 si cewe) membrikan persembahan musik kerang (mengingat si cewe kampung halamannya dekat dgn Laut..50meter dari rumah mereka langsung laut) btw kerang yg besar yg ditiup mengeluarkan bunyi2 tsb adalah dari Laut Arafuru Indonesia (lagi-lagi saya bangga jd org Indonesia ^^) dan kerang tsb kerang terbesar didunia (katanya lagi!) surprised dari pengantin laki2nya..dia menyanyikan lagu bersama bandnya utk si pengantin perempuan..bis itu makan2 (finally!..maklum dari siang belum makan ) kata org2 disamping saya..makanannya lezattt sekali bentuknya sih indah tapi secuil banget lalu rasanya kalo saya lebih suka milih tumis kangkung saja daripada makanan2 chef mahal ini..tapi menu utk anak2 begitu menggoda..(dalam hati saya pengen banget tuker menunya dgnku..ada nasi goreng gitu trus udang katsu guedeee bgt lalu steak diatas nasi goreng itu dikasih hiasan bendera..ada nuggetnya juga..menggoda) mungkin malaikat denger ratapa hati saya saat itu..ternyata sepupu suami yg lain yg duduk semeja dgn saya ada anaknya 1 gak hadir..tapi di list dimasukin jadi kelebihan menu anak2 alhamdulilah dikasih ke sayah..riang gembira seketika saya saat itu..dan enakkkk sekali udangnya..^^!
setelah makan2 selesai..dgn menu seabrek2..sampe champage juga wine juga yg terserah kita pesennya..acara berikutnya mebacakan surat biasanya si pengantin perempuan yg baca suratnya (beriisikan rasa terimakasih gitu) ke orang tua..disini mulai berlinang airmata para hadirin semua..mengharu biru..saya juga ikutan menitikkan airmata..bis itu pengantin memberikan bunga kepeda ortu mereka..dan acarapun selesai!!
pas di pintu keluar sang pengantin dan ortu sudah standby menyalami semua hadirin yg hadir dan memberikan souvenir (kue terkenal dibagikan) sebenernya setiap keluarga juga dikasih satu kantong besar souvenir udah dikasih diletakkan dibawah meja (ada kue isinya,sabun dan katalog..katalog ini yg paling saya sukaaa..jadi kita disuruh milih mau apa trus isi formulirnya dikirim lewat pos..dlm katalog itu ada berbagai suvenir..ada parfum prada,paket bodyshop,ada crocs,ada koper,dompet,alat2 rumah tangga,baju,makanan, paket spa,paket perjalanan dll..mungkin seharga 5000yen) sampe saat ini saya belum milih maunya apa dikasih waktu 4bulan..abisnya banyak yg dimauin tapi cuman boleh ngisi 1 paket saja..pengen paket dinner cruise di Tokyo Bay tapi kudu ke Tokyo dlm waktu 4bulan ini belum tau bisa/gak..jadi tar kita isi maunya apa..yg bayar yg pengantin tsb..hihi saya suka ini!!
Acara wedding mengasikkan..besoknya kami dikasih tour gratis sama keluarga si laki2..tour mengunjungi Jinja2 di Osaka dan naik kapal mengelilingi sungai di kota Osaka ini..asli ini bikin ngantuk banget angin sepoi2 tapi panass menyengat...lama juga ternyata river cruise ini sekitar 1jam kayaknya..disini selain melihat kota Osaka juga dikasih tau fungsi sungai ini dan teknologinya..jikalau ada banjir dll..setlah itu makan siang (lagi-lagi ditempat yg mewah) di new Otani Hotel..chinesefood..sebenrnya mau diundang makan di france rest..krn gak boleh anak kecil masuk akhirnya milih makan di chinesefood..alhamdulilah seenggaknya ada nasi putihnya hihi..gak kebayang berapa duit si pengantin ini habiss..mana keluarga besar ini benar2 besarrr jumalhnya banyak mungkin sekitar 50 orang..makan di jepang untuk kelas hotel 1juta rupiah/orang biasanya itu minimal ya..dan saya dikasih uang (dari ibu si pengantin cewe=bibi suami) uang pengganti hotel sebesar 2juta..ahaaaa senang sekali n 500ribu uang bensin..mantap..jadi kami gak rugi hadirr..uangnya kembali pemirsa..hihihi..
* naik kapal keliling kota Osaka
* saya n ibu mertuaku..di Osaka Tower `tsutenkaku`
 
 
* acara penutup makan-makan bersama keluarga besar di New Otani chinesefood
setelah acara selesai saya n suami ke Kobe,sekalian !karena Osaka ke kobe cuman butuh waktu 40menit perjalanan..30km-an dr Osaka..Kobe ternyata Indahhhh..nanti diposting lagi ya..^^



 

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Salam kenal ka, saya senang sekali menemukan blog ini :)

    Boleh saya minta kontak emailnya kah ka?
    Kebetulan saat ini saya sedang kuliah di Pascasarjana FISIP Ilmu Komunikasi UI.
    Ingin sekali mengambil thesis berkaitan dengan komunikasi antar budaya (khususnya pasangan Indonesia-Jepang)
    Jika ka Arin tidak keberatan, boleh saya kontak lebih lanjut kah ka melalui email? :) terima kasih banyak sebelumnya

    Salam,
    kiki
    (rizkidinar.w@gmail.com or aku_kiki_cantik@yahoo.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kiki saya udah kirim email ya maaf saya baru baca koment kiki
      Email saya : arinkirei@yahoo.co.id

      Hapus
  3. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis? pinjaman pribadi, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .. Atau anda telah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk alasan apapun. Kami adalah pemberi pinjaman swasta, pinjaman untuk bisnis dan individu dalam tingkat bunga rendah dan terjangkau suku bunga 2%. jika Tertarik? Hubungi kami hari ini di (fredrickpetersonloan@gmail.com) dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini
    Salam,
    Tim investasi Fredrick Peterson

    BalasHapus