Cari Blog Ini

Minggu, 10 Maret 2013

Fenomena Zaman sekarang

Masih tentang hamil..
maklum ya euforia msh merajalela di kepalaku..hehe,jadi menulis tentang kehamilan,ampir 5tahun menunggu bukan waktu yg singkat lho..palagi kita orang Indonesia jika sudah menikah itu yg diharapkan adalah mempunyai keturunan..kalo yg udah menikah lebih dari 6bulan aja belum nampak berbadan dua pasti mulai was-was..bagi diri kita sendiri maupun orang-orang disekitar kita *keluarga*..dan muncullah byk gosip ini-itu yg mengaitkan kenapa kita belum kunjung hamil..mungkin maksud org2 tsb..*tetangga/teman kerja/teman main/keluarga jauh/saingan dll* bermaksud perhatian ya dgn terus2an bertanya.."kapan nih punya anak?","coba deh ke klinik si inilah..si anulah..","pijat ala inilah ala itulah",sampai istilah mancing dgn mengangkat anak dsb..tapi kalo ya sekali-kali ditanya/disarankan sih seneng juga ya kita punya referensi harus bagaimana..palagi kalau usia pernikahan kita masih 1tahun..2tahun..tapi kalo sudah menginjak 3tahun..pertanyaan atau saran2 tsb bila tidak disampaikan dgn cara halus bisa membuat jengkel..mebuat senewen lho..itu yg saya alami..ada nih temen kerjaku nih..kalo ada kesempatan ketemu aku,kebetulan dia kerja di kantor berbeda tp satu manajemen..tiap ketemu aku yg ditanyain ittu selalu tentang..`kenapa saya belum hamil juga`..dan mulailah dia menyarankan metode2 agar cepat hamil..jelas saya jadi malassss ketemu dia..bukannya saya gak berusaha ya tapi mbok ya saya kan udah nikah lebih dari 3tahun (saat itu) wes pasti saya udah byk bertanya/mencari solusi dgn kondisi saya yg belum hamil juga..kan gak usah ditanya2 terus kan.ya kan?kesannya jadi dia sok tau..yah mungkin maksudnya baik tapi hal tsb jadi membuat saya makin terpuruk hikss...
Jadi saya mengerti banget yg belum mendapatkan anugerah kehamilan menjadi lebih sensi kalo ditanya ttg anak,jangankan yg udah nikah blm hamil juga..yg belum nikah aja *single* yg udah lewat usia `yg seharusnya berumahtangga` ditanya tentang kapan menikah juga suka agak gimanaaa gitu kan..beda dgn orang asing..palagi di Jepang mempunyai anak itu butuh pemikiran yg matang,sampai2 pemerintah Jepang memberikan bonus kepada rakyatnya yang mau mempunyai anak,tiap bulan diberi tunjangan utk si anak..uang susu istilah kalo gak salah kata temanku anak pertama mendapatkan 10.000yen (sekitar 1juta/bulan) anak kedua 8000yen,anak ketiga 7000yen..melahirkanpun gratis pemeriksaan juga dapet subsidi..bukan cuman di jepang,saya pernah melihat berita juga negara Perancis mempunyai sistem yang sama..pemerintahnya konsen dgn menggalakkan supaya rakyat mempunyai keturunan..
kenapa begitu?karena org jepang byk yg enggan mempunyai anak,saya melihat sendiri banyak teman-teman suami yg usianya lebih dari 40tahun tidak berniat mempunyai anak,saya sih kurang tau kenapanya..(takut nanyanya,kan ini privacy orang ya) tapi tampaknya karena suami-istri disini kebanyakan bekerja,kalo punya anak otomatis si istri harus berhenti kerja..karena disini gak kayak di indonesia bisa nitip ke mertua/sodara,karena rata2 mereka yg sudah menikah bahkan sudah tamat SMA langsung tinggal pisah dgn orang tua mereka..hanyalah org yg sangat kaya yg bisa menyewa pembantu/baby sitter..karena jasa pembantu itu sama dgn gaji kantoran lainnya..dan penitipan anak disini (seperti playgrup) anak berusia diatas 2tahun baru boleh dititip..memang ada yg gratis (ada ketentuan dan syarat tertentu dr pemerintah) dan selebihnya harganyya muahal..pernah nih dibahas kenapa pasutri di Jepang enggan mempunyai anak di yahoo.com *bisa di google* ya..hehehe..mungkin sebab itu juga saya heran liat banyak kota di jepang justru byk menemukan kakek nenek ketimbang anak-anak kecil..
Belum mempunyai keturunan saat ini bukanlah hal aneh lagi..mungkin 10tahun kebelakang jarang kita dengar orang susah hamil ya..tapi kalo skarang kalo dari teman2ku ada sekitar 15 orang yg belum hamil juga..bahkan ada yg yang usia pernikahan mereka lebih dari 6tahun,8,10 sampai ada yg 12 tahun..semoga Tuhan memberikan kepercayaan dan keturunan secepat mungkin bagi temn2ku ini..aamiin..sama dengan penakit yang dulu jarang kita dengar sekarang yg namanya "kista,miom,tumor payudara" sepertinya sudah akrab ditelinga ya..teman2ku juga ada beberapa yg mengalaminya..bahkan utk tumor payudara ini di keluargaku riwayatnya banyak..almarhum nenek saya meninggal karena kanker payudara,lalu sodara nenek juga pernah dioperasi krn tumor ini,lalu bibi saya juga,sepupu saya ada 2 orang mengalami benjolan di payudaranya sudah sampai operasi berkali-kali..saya juga was-was sekali begitu 5tahun kebelakang ini keluarg kami*dari pihak bapak* penyakit ini kok populer benar..sayapun memberanikan diri periksa *mamograf*..Alhamdulilah saya sehat..waktu hamil juga saya periksa kembali lho..karena katanya pemeriksaan payudara sebaiknya diperiksa 1tahun sekali bagi yg punya riwayat keluarga tumor..ini sebenernya bukan penyakit bawaan tapi temanku juga mengalami dan ibunya juga kena..ya mungkin gaya hidup yang sama kali ya..makanan yg dimakanpun ampir sama bisa juga menjadi pemicu..tapi tidak ditularkan melalui darah/keturunan..sebenernya apa ya pemicu timbulnya tumor ini ya?
kalo dari sepupuku dokternya bilang dari makanan..seperti sate/grill/bakar karena kalo makan sate itu arang yg menempel yg bikin daging keiteman itu bahaya dikonsumsi..ttrus temanku bilang,dokternya menyarankan dia supaya tidak makan kubis/kol putih..lalu berbagai macam obat herbal yg disarankan utk menangkis virus2 tumor tsb dari yang minum rebusan daun sirsak,ada juga minum jamu kunyit putih..
Semoga saja kita semua dijauhkan dari macamnya penyakit ya..aamiin..oia kemarin saya nonton acara TV tentang kesehatan..disana ada pernyataan dokter dari berbagai survei ttg kesehatan dll selain olahraga,makan buah dan sayur hal terpenting untuk menjaga kesehatan adalah JANGAN STRESS..pemicu utama penyakit mudah datang adalah stress..so teman2 having fun everyday ya..supaya kita tetap sehat..^^





 

2 komentar:

  1. saya stresss karena merasa terlalu tampan untuk wanita indonesia... hahhahaha

    BalasHapus
  2. Rofi williams : hahaha itu juga termasuk stress juga..harus lebih rileks wkwk

    BalasHapus