Cari Blog Ini

Rabu, 20 Maret 2013

Romansa Musim Semi

Musim Semi (dlm bhs jepang disebut `Haru`) berlangsung dari bulan Maret s/d akhir Mei..suhu berkisar 10 derajat-25 derajat celsius, termasuk hangat udah gak usah ngumpet terus di dalam `kotatsu` (meja yg diatasnya dilapisi selimut listrik)..udah gak perlu lagi pake AC penghangat `hitter`..jd bisa hemat listrik..kalau musim dingin sudah pasti tagihan listrik membengkak dah..jd musim semi ini bisa ngirit dikit.
Enaknya lagi musim semi ini,bunga-bunga mulai bermekaran diawali dgn bunga Nano hana (bunganya warna kuning,bentuknya kyk bunga sedap malam,bunga nano hana ini biasanya sebagai bahan baku minyak goreng,mulai mekar di bulan feb,sayang saya tidak sempat liat krn letaknya jauh dari rumah saya yg sekarang..tahun depan harus liat nih..krn bunganya indah sekali..ditanam kayak padi disawah spt itulah tanamannya kyk padi tp warnanya kuning)..
(bunga sakura)
 

setelah itu mekarlah bunga sakura,sakur byk jenisnya..dari pink yang halus sampai pink banget dan warna putih,bunga sakura mekarnya cuman 1 minggu saja..jd di tv itu pada heboh memberikan jadwal2 mekarny sakura di tiap daerah masing2..sakura mulai mekar pertengahan maret didaerah bagian bawah jepang merembet keatas sampai di Hokaido pulau paling atas bagian Jepang mekar di bulan Mei..semua masyarakat Jepang sangat antusias dengan semua musim yg hadir di daerah mereka..setiap musim mempunyai ciri khas dan perayaan tersendiri..mungkin beginilah cara mereka menghargai alam mereka..mengingat Jepang termasuk negara yg rentan bencana baik typhon,tsunami,gempa dll..
Bila Sakura Mekar..mulailah acara `ohanami` diambil dari kata Hana=bunga dan Miru=melihat..intinya memang melihat bunga..mereka menggelar terpal dibawah pohon sakura yg ada di taman2 kota terdekat untuk menikmati indahnya sakura sambil piknik,bawa bekal makanan minum-minum bercanda tawa dengan kerabat dan keluarga..tradisi ini selalu diadakan oleh orang jepang..jadi pas sakura mekar itu dari semalam para karyawan baru (biasanya paling junior) di sebuah perusahaan disuruh nyari tempat utk hanami..memasang terpal sepagi mungkin utk mendapatkan tempat yg bagus..saya suka juga ohanami..narsis dibwh poon sakura..mantep deh..!
Musim Semi juga disebut musim tahun ajaran baru dimulai (bulan April)..musim ini juga perusahaan banyak mencari karyawan baru..musim orang pindah juga..kalo udah musim semi iklan2 di tv biasanya iklan peralatan sekolah,atribut kantor,dan jasa pengangkutan barang utk pindahan..oia dan iklan obat bersin..ya itu minusnya musim semi..banyak orang sakit dgn gejala bersin2 terus, pilek,sakit kepala,hidung gatal dan mata berair itu namanya sakit kanfunsho` yaitu alergi serbuk bunga,ampir 50% orang mengidap sakit ini..byk bgt kan..ini saya prediksi sendiri soalnya di tempat kerja suami 80% kena alergi ini..temen2 orang indonesiaku juga byk kena..serbuk bunga ini biasanya didapat dari pohon pinus..lalu menempel di jemuran pakaian..jadi kalo udah memasuki musim semi saya jarang jemur baju diluar takut kena..palagi saya lagi haml kan..tapi untunglah suami n aku tidak kena..
Musim Sakura juga dibarengi dengan berseminya bunga Tulip..dimana-mana byk tulip deh tar..dipinggir jalan...ditaman kota..sampe di pot bunga restoran hehe walaupun bunga import Belanda dulunya..tapi tulip sudah gampang sekali hidup di jepang..saya suka tulip..cantik!
(Bunga Tulip di taman Nabana no sato,mie ken)
 

1 komentar:

  1. boleh request artikel ga tante?? cara membersihkan sampah di jepang gmn? sampah terakhir dibakar ato dikubur? :D mw saya terapkan di Indonesia.. :D oh ya..
    mendidik disiplin remajanya disana gmn? hehe.. :)

    BalasHapus