Cari Blog Ini

Rabu, 06 Maret 2013

Pengalaman Musim Dingin-ku..

Tidak Pernah terbayangkan saya bisa liat salju..karena saya termasuk org yg gak suka dingin, sy punya trauma dgn cuaca dingin..taun 2009 waktu ke jepang yg ke-2 kalinya sy sering sakit disini,kalau cuaca mulai dingin (padahal saat itu sy ke jepang waktu sedang musim panas dibulan juni) saat temperatur cuaca 25derajat badan langsung merasa meriang..makan gak enak..dan bila sy ke supermarket yg rata2 suhu ruangan berkisar 18-20 derajat celsius sy langsung berasa mau pingsan..mual2..saat itu sy gak tau penyebabnya apa..yg sy pikir itu karena dingin..soalnya pas sy jemur badan sy dibawah matahari badan sy mulai merasa baikkan..ehmm..
perasaan trauma itu msh melekat..dan ampir2 sy pikir sy mau mati krn perasaannya gak enak sekali..lemes..sesak dll..lebay kedengerannya tp itulaah yg sy rasain saat itu..
sampe kembali ke tanah air (saat itu sy homestay cuman 2,5bln seharusnya 3bln,sy percpet krn udah gak tahan dgn sugesti dan reaksi badan sy thp cuaca di jep saat itu)
Mangkanya saat suami ngajak tinggal di jepang lg sy sempet khawatir juga dgn `trauma` saya itu..apa bisa sy melewati musim dingin di jepang..dgn suhu minus -5derajat (ini sebenernya bukan suhu extrem krn sy tgl didaerah tengah yg relatif hangat ketimbang di hokaido pulau plg atas bagian jepang dgn suhu sampai minus -20)..
Tapi Alhamdulilah ya..*gaya syahrini*..Badan Manusia itu emang kuat..takjub saya..perlahan-lahan ketakutan/trauma itu hilang..ya mungkin saat itu sy merasakan `culture shock` atau stress krn jauh dr suami tidak ada teman org Indonesia..sekarang keadaannya beda dengan byk baca..sharing sama teman yg stay disini juga saya jadi tau..musim dingin gak perlu ditakuti..yg penting kita :



1.Pakai pakaian yg benar sesuai Musim dingin :
pakai `long John` itu kayak baju daleman tapi dgn bahan hangat (heat tech) biasanya bahan lycra (gak boleh katun ya pake baju di musim dingin krn bakalan tambah dingin) long john ini dipake dibagian terdalam (yg plg dekat dgn kulit kita) baru bis itu pake baju berbahan wool atau berbahan kashmir (biasa bahan utk pembuatan selimut) kalo keluar pake deh jaket bisa jaket bhn wool atau jaket model aku pake itu yg tahan angin/air tapi bikin tambah gendut kalo dipake hehehhe

2.celana pun begitu harus bahan `heat tech` kalo di jepang byk kok yg jual legging bahan heat tech harganya murah kok ada dr merk uniqlo sekitar 500yen - 1000yen..(1yen sekitar 100rupiah) ssetelah pake legging baru pake celana bahan kashmir /bahan kayak selimut yg kadang didalamnya ada bulu2 gitu kyk handuk didalamnya
3.kalau mau keluar Rumah jangan lupa :* pake topi krn suhu diluar itu kalo ada angin kepala kita yg pertama merasa dingin..lalu *pake syal bagusnya bahan wool rajutan itu hangat sekali..*pake kaos kaki bahan wool juga..byk dijual di Daiso /SEria toko 100yen shop..*gak lupa pake sepatu *pake jaket..kalo aku pribadi sering bawa *teh manis dalam termos kecil,soalnya kadang nunggu bus kan lumayan bisa menghangatkan badan n ngirit daripada beli di supermarket..ya kan?kalo cuaca sangat dingin dan berangin *pake tutupan kuping juga kyk head speaker gitu yg ada bulu2 buat menutup kuping supaya gak masuk angin heheh
4.Kata temanku..kalo pas Tidur jangan pake kaos kaki ya..supaya gak kram n supaya dikit demi sedikit kaki kita terbiasa..tp kalo aku pake juga sih hehehe
5.HOKAIRO dalam bhs Indonesia aku gak tau artinya bentuknya kayak salonpas tapi dalamnya kayak ada serbuk pasir gitu..hokairo ini bisa ditempel d baju atau digengam saja,kalo aku suka beli yg digengam saja harganya terjangkau satu kotak isi 20 bungkus cuman 500yen..ini kalo kita genggam dia mengeluarkan panas..jd tangan kita hangat,kalo ditempel ke badan byk yg bilang suka kebakar tar bdannya serem ih..ini panasnya bisa sampe 10jam..kapan2 aku fotoiin deh..kalo di jepang disetiap supermarket pas musim dingin pasti ada yg jual.
6. SEDENKI (red: sedengki)= istilah ini artinya kesetrum..krn musim dingin badan kita kering, pernah gak tiba2 kita kesetrum ketika menyentuh meja kasir di supermarket atau tiba2 kesentuh tangan temen kita merasa ada listrik gitu..ya kalo musim dingin hal tersebut sangat sering saya alami..nyentuh semua berbahan besi pasti kesetrum..sentuh pintu mobil kesetrum juga..sampe2 bergesekkan dgn tangan suami kesetrum juga..lama2 capek n lemes lho..palagi dulu saya kerja di hotel tukang ganti sprei..itu sprei hotel gak ngerti pake bahan apa kalo kesentuh tangan saya kesetrum juga..untuk mengatasi ini..kita kudu pake gelang/kalung/iket rambut utk mengurangi alran listrik tsb harganya dr yg termurah 300yen -3000yen..aku prh beeli yg harganya 300yen ya..gak maksimal sih ilang tapi lumayan ngurangin..ada temenku bilang pake karet gelang aja (karet yg biasa kita pake utk ngiket plastik gula dll itu)..tp cara ampuh saya adalah saya pake sarung tangan jd tangaku gak bersentuhan langsung dgn besi2 dll itu..itu cara sangat ampuh heheh

(*ini lho bahan heat tech /long john itu)kayak daleman utk yg pake baju berkerudung ya tapi bahannya hangat..)
dan ternyata Teman..salju itu menyenangkan..maklum saya pertama kali liat salju suhu minus -3 derajat saat itu gak kerasa dingin utk saya yg notabene gak suka dingin..mungkin krn pake baju yg benar ditambah antusias liat salju kali ya..maen SORI (=perosotan) itu asyik sekali..dari atas bukit meluncur ih..seruuu pengen lagi sayah...^^

8 komentar:

  1. waaaahhhhh kita sama dong ya...cuman yang bikin bete tuh kalo pake berlapis lapis kita jadi kayak bola...well at least buat aku ....

    BalasHapus
  2. lovelydebz : benerr sekali..kebanyakan jaket yg bagus itu emang yg tebal..palagi saya pendek mbak udah mantep bgt dah jaketnya panjang celana dobel baju dobel bikin tenggelam saja hehehe

    BalasHapus
  3. huaaaaaaa..... kereeeennnn makin mantep pingin ke jepang, gaji karyawan di jepang brp? UMR nya? :D di sana bersih bngt yak ga kyk di indonesia?? :) #kepo
    blm bisa login gmail, jd anonim :)

    BalasHapus
  4. anonim di atas adalah saya ... :D

    BalasHapus
  5. Rofi williams: terimakasih dah mampir di blog saya..gaji karyawan di jpg sekitar 15jt (gaji karyawan biasa utk di supermarket,karyawan baru,karyawan tamatan sma) gaji 20-30jt utk org kantoran,utk 30jt keatas bergerak dibidang teknologi,bank,pemerintahan..besar nominalnya tp pengeluaran dan kehidupan disini juga mahal..jdd ya sama aja,,yg enak mah org asing yg kerja di negeri kita ya..gajinya luar negeri tp hidup santai/enak/murah di indonesia..

    BalasHapus
  6. baru setengah tahun tinggal di jepang,beberapa bulan lagi musim dingin jadi ikutan doki doki juga
    http://novalvi.wordpress.com/

    BalasHapus
  7. kalau pakai baju yang berlapis-lapis betenya tuh saat nyuci pakaiannyanya.

    BalasHapus
  8. Kalo saya pake boots yg beli2 di zara gitu bisa ngga ya saat winter di jepang bulan januari? Makasih

    BalasHapus