Cari Blog Ini

Jumat, 29 Maret 2013

Pengelolahan Sampah

rempong bener lho buang sampah di Jepang..bukan hanya membuang sampah di tempat semestinya (red;tempat sampah =gomi bako) tp ada berbagai aturan,sampah di Jepang dikategorikan menjadi :
1.Moerugomi -sampah yg bisa dibakar
sampah ini termasuk sampah2 dapur (sampah masakan,sayur,kulit buah),kertas
2.Moenaigomi- sampah yang tidak bisa dibakar
sampah ini sampah plastik,styrofoam (cup kyk bekas pop mie gitu),plastik bekas permenpun termasuk kategori ini,plastik telur juga tp kalau botol bekas juice (botol minuman) tidak boleh masuk ke kategori ini,botol minuman punya kategori tersendiri dan terpisah buangnya.
3.kan (red:kang=kaleng) & Bin (red:bing=botol kaca)
untuk sampah rumah tangga kedua kategori ini kaleng dan botol dijadikan satu plastik..buangnyapun dihari yang sama juga tapi kalau diluar rumah tempat sampahnya berbeda (spt disupermarket atau dijalan,tempat sampahnya ada khusus)..buang sampah kaleng dan botol kaca ini harus dibersihkan dulu lho..jadi jgn sampe ada bekas2 makanannya..ini dimaksudkan supaya tidak berkembangnya bakteri2,tutup botolpun harus dibuang terpisah..ada kategori tersendiri
4.sampah kaca (yg rusak/pecah)
5.sampah berbahaya
kategori ini seperti sampah dari tabung gas yg udah habis,korek api
6.sampah bateri bekas
7.sampah barang2 yang rusak
sampah ini contohnya ; payung rusak,tas,CD,kaset,baskom rusak,piring pecah,oven toaster..(tapi ukuran barang2 elektronik yg kecil ya..kalo TV,lemari dll ukuran besar tdk boleh buang di kategori ini karena kalo barang2 elektronik kita buang sampah harus bayar..)
*byk sekali kategori sampahnya
 
 
*kalender pembuangan sampah,hari2nya pun beda2..kudu hapal hari n kategori sampahnya T_T rempong bener deh
*botol minuman kudu dibersihin n diinjek biar kempes begini..tutup botolpun dibuang terpisah..hadeuhhh
*tempat sampah dpn rumah
 
Rempong asli dah..ditambah lagi plastiknyapun gak boleh sembarangan..kita kudu beli plastiknya..ada 3macam warna (merah utk sampah dibakar,ijo dan ungu..ungu n ijo utk sampah apa saya gak apal jug hehehe krn saya baru di daerah skrg jd aku blm prh buang didepan apartement saya selalu nitip di tempat sampah di tempat kerja suami disana lbh efisien plastiknya boleh apa saja..plastiknya bekas kantong plastik dari supermarket bjg oleh dipake)..lumayan lho beli plastik sampah yg ada warnanya tsb (warnanya cuman tulisan aja sih bukan kantong plastik keseluruhan mungkin supaya gampang tukang sampahnya memilah2 sampah di pembuangan sampah akhir kali ya) harganya 10 lembar 300yen (30ribu rupiah bo)bete kan mahal bener..padahal di daerah saya sebelumnya gak usah pake kantong plastik khusus juga oke aja..tiap daerah memang punya aturan berbeda..memang sih buang sampah gratis..kecuali sampah yg besar spt barang2 elektronik atau dus yg besar itu harus bayar..mangkanya disini banyak recycle shop..ketimbang buang bayar mending dijual sangat murah ke toko bekas..berguna kan..palagi di jepang barang elektronik model n seri cepat sekali berganti..
Nah untuk pembuangan sampat terakhir dibakar/dikubur..?karena banyaknya kategori sampah di jepang jadi memudahkan pemerintah utk mendaur ulang sampahnya..palagi sampah2nya gak busuk/terlalu kotor ya hehe ada yg dibikin pupuk dan sisanya dibakar dgn mesin khusus saya pernah nih liat di TV modern bener deh tempat proses terakhirnya..pernah lho ada yg buang uang berkresek2..tp uang tsb malah dikembalikan sama tukang sampah ke polisi..hadeuh diambil aja kenapa ya hehe org Jpg emang jujur bgt..itu berarti mesin tsb ada sensor khusus kali ya..sampah uang dlm tumpukan saja bisa dideteksi..sdh beberapa kali kejadian lho..
ada di daerah tertentu..sampah utk tutup botol minuman dapat diuangkan..entah mungkin dijual ke pabrik kali ya..tiap derah beda sih aturannya..setiap pendatang baru dari pemda setempat pas daftar diri dikasih buklet ttg sampah ini..
pantes ya Jepang negeri yang sangat bersih..wong buang sampah rempong bgt,padahal bisa aja sih kita seenaknya (wong gak akan ketauan juga,kan gak ada kamera hehe) tapi emang kesadaran masyarakatnya patut diacungi jempol,bukan kayak singapore ya kesadarannya karena diancam hukum..disini gak ada tuh plang2 tentang jangan buang sampah sembarangan nanti bakal denda dll,mungkin krn sudah dari kecil ditanamkan bahwa kebersihan/menjaga alam memang penting..nah kira2 di negeri kita tercinta bisa gak diterapkan?
 
 
 

 

 

5 komentar:

  1. sis, saya mau tanya. summer nanti saya mau ke jpng dan apa hp indonesia (plus providernya) bisa aktif/jalan di jepang? ataukah saya harus beli kartu jepang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo hana..
      No indonesia bisa pakai tapi kena roaming besar
      Kartu yg bisa dipakai mentari,simpati,xl bisa
      Tp menerima pesan its oke
      BB juga bisa pake tp harus ada wifi dan tetap pulsa pakai
      Full service 3G kalo gak full service tapi ada fasilitas wifi BBnya
      Aktif hanya fb saja tapi gak bisa BBM atau browsing
      Kartu jepang disini semua pake sistem kyk kartu halo simpati jd byr
      Lewat bank (harus langganan) jd tdk ada yg jual terpisah jikapun ada
      Tetap harus punya hp jepang lebih mahal jatuhnya

      Hapus
  2. kereeennn... ini yg menurut saya menarik di jepang.. kesadaran tinggi.. kl sy nemu uang 1 kresek, beli bb baru hehe... artikel nya kerreeeeenn!! tp diterapkan di Indonesia susah kalik yak.. Thx artikelnya.. :)

    BalasHapus
  3. Ya ampun bener2 ribet ya buang sampahnya. Tapi kalau udah jadi kebiasaan sih ga berat kayaknya, otomatis gitu. Cuman ribetnya itu buang sampah ada jadwalnya hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mil..ribet bener dah..mangkaya kaleder hari pembuangan sampa aku tempel di kulkas biar apal dgn sendirinya..tapi krn ribet inilah jepang jadi bersih..tterbukti..sungai2nya di kota byk ikan mas gede2 bgt..(disini orang gak makan ikan mas..katanya pamali..hehe)..n air ledengny bisa diminum

      Hapus