Cari Blog Ini

Rabu, 08 Mei 2013

Body n Soul

Sebelumnya supaya gak ada salah paham..aku ngasih sedikit penjelasan ya kenapa aku posting tentang sesuatu hal yg berbau keagamaan..bukan untuk ngasih tau saya seolah-olah orang alim *gak ada sama sekali* atau kesannya sok tau..sok baik..itu juga gak, karena aku juga ilmu keagamaan kurang..masih byk kewajiban yg males aku jalanin..sholat bolong2..masih seneng duniawi dsb dsb..tapi untuk aku yg tinggal di perantauan..komunitas ini ternyata sangat bermamfaat..at least meski aku maluuu bgt dengan temen2 komunitas ini karena hanya saya yang gak bisa ngaji..tapi saya memberanikan diri utk ikut komunitas ini..soalnya saya merasa nyaman..dan mendapatkan keluarga baru disini.dan mereka gak pernah mendoktrin saya..memaksa saya..atau nanya saya kenapa saya gak bisa ngaji? atau memberikan saran2 saya supaya pinter ngaji dll..kalo aku yg bertanya baru mereka menjelaskan..jadi saya merasa, benar adanya hidayah atau niat kita taat itu adalah memang murni dari hati kita bukan karena paksaan atau merasa gak enak sama orang lain..atau supaya terlihat kita baik..semoga dengan bergaul dengan orang2 hebat n baik saya kecipratan auranya..ibarat kalo mau wangi ya kudu begaul sama tukang minyak wangi katanya..^^
Image orang2 berkerudung dimata saya dulu adalah gak gaul..menolak semua hal2 yg bersifat duniawi *seperti pesta,shoping*..pendiam *gak bisa diajak becandaan,gak bisa diajak cela2an..gak humoris*..tapi di komunitas saya ini beda banget..meraka semua FUN..disaat ngaji mereka serius tapi pas acara santai wuihh heboh semuanya lho..nah pas ada acara kumpul2 nih..kita selalu bawa makanan/cemilan/jus jadi selesai ngaji kita langsung nyerbu makanan..bikin karedok..bikin rujak dll..pokoknya kalo udah nemu menu yg khas tanah air kita..mendadak rakus deh.^^
sebagian teman di komunitas ini adalah para mahasiswa S1,S2 bahkan ada yg S3..mahasiswa beasiswa dari pemerintah Indonesia..ada juga yang PNS yg sekolah lagi..ada yang dosen..dsb mereka orang2 hebat semua ya..dan kebanyakkan mereka ngambil jurusan Teknologi gitu..gak nyangka dengan penampilan sederhana mereka ini ternyata insinyur..dokter..dosen..heheh maklum saya kan org Indonesia yang terbiasa dengen mengkotak2 seseorang..mengeneralisasikan sesuatu..kalo orang hebat ya biasalah keliatannya hidup mewah n serba wow gitu hihii..ternyata salah besar.dan sebagian lagi adalah seperti saya..ibu rumah tangga yang menikah dengan orang pribumi disini.
komunitas ini namanya TSUTSUJI (diambil dari nama bunga..yg mekar dibulan april ini..)..tsutsuji ini awalnya kumpulan emak2 *ibu2* untuk memperdalam ilmu keagamaan..tapi kalo ya belajar agama aja ya bosen ya..jadi kita nyelipin dgn acara tukar menukar makanan..berbagi informasi terbaru..silaturahmilah..kumpul..makan..ngobrol...ciri khas org Indonesia banget deh..kalo ada hari libur kuliah, kita barbeque,berwisata dengan anak2 kuliah yg lain yg lebih muda yg tergabung di komunitas PPI (perkumpulan pelajar Indonesia) nah setiap kota di Jepang ada nih komunitas PPI..gak nyangka di Jepang ini banyak ternyata orang kuliah dengan beasiswa..duhhh kenapa saya gak punya otak encer ya..kan enak nih kuliah dan uang jajan juga dibiayain..*sempet kepikiran mau nyiapin adikku utk ngejar beasiswa di jepun*..amiin semoga tercapai ya..
*bunga ini namanya TSUTSUJI

*selain ngaji,ceramah kita ngadain arisan juga,buat yg menang arisan kudu pake atribut ini dipoto..sebagai kenang2an n lucu2an

dulu sebelum ada mesjid di kota kami, silaturahmi diadain di apartemen para member..tiap bulan bergilir aja..sekarang setelah ada mesjid kita adakan di mesjid..dan disini ada TPA juga (taman pendidikan anak apa taman pengajian anak2 ya hihi lupa apa ya kepanjangannya?) jd setelah anak2 mengaji giliran emak2nya yg ngaji..untunglah disini ada member yg agamanya sangat yahud..namanya ibu Ambar..beliau lah yg kita andalkan utk ngajarin kita ilmu agama..selain kegiatan ngaji tiap minggu (untuk TPA),ada acara tahunan kita yakni mengundang ustad2 dari tanah air..seperti 2tahun yang lalu ustad HARI MUKTI (si penyanyi rocker itu)..lalu di kota Osaka grup pengajian PPI tahun ini (tgl 5mei kemarin) mengundang AA GIM lho..tapi tahun ini PPI di toyohashi mengundang direktur rumah Fiqih Indonesia yakni ust.Ahmad Sarwat.LC.MA..yg udah menulis 46 buku..jadi PPI yang tersebar di seluruh Jepang inilah yang mengurusi segala biaya,dokumen,akomodasi para grup ustad ini..jadi memberikan siraman rohani kepada para perantau di Jepang..yang mau datang siapa aja boleh..gak perlu harus jadi member salah satu komunitas tersebut kok, terbuka utk Muslim Indonesia yang tinggal disini dan gratis malah dapet makan siang pula hihihi..
*depan mesjid,abis ikut tabliq Akbar

*sesi foto selalu gak ketinggalan dunk

*giliran makan khusuk banget ibu2..kok bapak2nya gak keliatan ya?heheh ada bapak2 juga tapi pengajian mereka terpisah dari ibu2..kalo piknik atau tabliq akbar baru pada bertemu..

*menu yang biasanya disajikan pas pengajian..enakkkk

*siap nyerbu...soto daging maknyusss

*kegiatan summer..barbeque di campiong ground..

*ceramah tentang naik haji dari Jepang..

yah itulah salah satu kegiatan body n soul saya di Jepang ini..semoga ada sedikit inspirasi utk yg membacanya..dan bukan bermaksud SARA..atau mengundang jurang antar umat beragama..ini adalah bagian dari kehidupan perantauan yang ampir semua orang alami juga..baik saya sebagai Muslim atau umat beragama yg lain..saya tau pasti komunitas seperti ini pasti ada..

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar