Cari Blog Ini

Kamis, 09 Mei 2013

Memori Jadi Guide di Bali

cerita kali ini berdasarkan pengalaman saya bekerja sebagai Guide *amatiran* waktu di Bali, saya sering nganter tamu baik tamu dari request kantor saya dulu di Atruebalineseexperience /ayung river rafting company..atau sekedar nganter tamu dari temen2 suamiku..ya tamu saya biasanya dateng dari mulut ke mulut aja..*duh bahasanya nek ribet*,mungkin karena saya lulusan S1 bahasa Jepang jadi kantor saya merasa saya bisa menghadle market Jepang ini..padahal bahasa Jepang saya byk yg dah terbang kemana.. akibat 2thn kerja dgn barang2 kosmetik sejak saya lulus kuliah di bandung..namanya bahasa ya kalo gak dipake akan mengikis dan ijazah tinggal kenangan aja hikss...palagi saya kuliah dulu termasuk yang asal2an..asal lulus doang hehe..namanya juga angkatan pertama di Universitas Nasional Bandung itu jadi mau lulus ya gampang..sebagai mahasiswa percobaan hehe..tapi akhirnya akibat dari terpaksa menghadle itu kerjaan dr kantor itu, saya bisa ketemu suami saya jadinya hihihi..*jalan takdir ceritanya*
kalo ada tamu Jepang yang mau tour ke Bali, aku selalu nanya :
1. apakan ini kunjungan ke Bali yang pertama?
kalo iya itu lebih gampang nganter tournya..krn saya udah bisa menebak image Bali yang pengen tamu liat..ampir sama kayak di pamplet2 liburan di Bali untuk Japan Market..yaitu liat sunset di Tanah Lot, Pura Besakih, makan seafood di jimbaran, nonton Kecak di Uluwatu, shoping di Pasar Ubud,memanjakan diri di SPA,..itulah image turis jepang yang pertama kali ke Bali.
beda negara biasanya beda imagenya..kalo org Ausie lebih seneng berjemur di pantai Kuta,spending nigth di Bar,clubing, water sport di Tanjung benoa..kalo orang Eropa beda lagi orang Eropa lebih mnghargai seni..jadi mereka kebanyakkan ke tempat seni pahat di desa Mas Ubud,ke museum lukisan di Ubud,tari Barong di kesiman..itu akitivitasnya,
orang Indonesia beda lagi..jadi harus tau sedikit benang merahnya.
*dinner sambil liat tarian Bali

*taamu yg skrg masih keep contact..Rikiyasan

*nganter tour ke Bali safari n marine park

*lunch di pepenero Jimbaran

*tamu elite ini..make up artis terkenal di Jepang yakni Hasegawa Kyomi dan si pianist Mika motoori,lalu sang fotografer saya lupa namanya siapa..pas hadling tamu ini aku seneng bgt bisa ikut makan di tempat elite..di bvlgari,di four seasonlah,trus spa di Prana spa jl.kunthi kuta..sayang euy tempat elite itu gak ada komisi padahal makanannya muahalllll

 

*nganter tamu dugem oke aja..clubing di Skygarden..

*nganter tamu mancing..ini mnyiksa karena saya mabuk lautttt...

2.usia tamu juga harus dipikirkan..gak mungkin kan umur 70tahun saya rekomendasikan maen Arung jeram/rafting..bawa anak apa gak?honeymoon?yah setiap tamu yang akan saya hadle saya sering melihat proffile mereka dulu..jadi bisa kebayang mau bawa tour kemana..supaya tournya sesuai dgn kondisi mereka,keamanan mereka juga, karena terkadang sering terjebak dgn pertanyaan.."di bali mau kemana nih?mau liat apa?".kebanyakan tamu malah jawabnya "up to you"..lebih parahnya lagi kalo ada yg jawab.."mangkanya saya butuh guide,karena saya gak tau apa2 tentang Bali,kok balik nanya mau kemana"..
seperti itulah jadi kita hari pertama saya biasanya liat karakter mereka..saling mengenal dulu..nanti dengan sendirinya kita bisa membaca kesukaan mereka,yg bikin enjoy apa..yang ngebosenin apa,jadi hari pertama tour ke tempat pada umumnya aja..hari kedua baru lebih ke personal..

3.Tamu Repeat..
tamu yang sudah sering ke Bali tapi masih butuh pemandu wisata..ini membingungkan..karena dia sebagian besar sudah pernah ke tempat2 wisata di Bali..sudah 80% buku traveling di agent wisata udah dijabanin..nah paling kalo tamu2 semacam ini saya rekomendasikan ke tempat2 wisata terbaru..atau yang sama sekali belum pernah terexposes sebelumnya..yang gak masuk website travel agent..tamu repeat ini biasanya adalah para Surfer..atau bahkan yang cuman orang lokal aja ke tempat wisata tersebut..kalo orang Jepang biasanya mereka udah 2kali ke Bali, dah gak tertarik ketempat wisata lagi..mereka lebih meng-explorer hotel,leyeh2 di private beach milik hotel,hunting tempat makan,n spa aja..ya sampe skrg saya punya tamu udah tiap taun liburan ke Bali kegiatannya cuman santai2 di hotel menikmati fasilitas hotel aja..jadi ya rekomendasinya aku selalu tentang hotel n tempat makan hihi..
biasanya tour tamu repeat yaitu ke tempat2 yg kurang terkenal, bukan karena keindahannya kurang tapi mungkin akses kesana kurang efisien..terlalu jauh dari hotel2 favorite tamu*biasanya kuta n nusadua* hingga ngabisin waktu yang banyak utk liburan singkat mereka..contohnya saya biasanya nganter tamu repeat ke: meninjau pembuatan produk spa terkenal di karangasem.pabrik bali factory Chocolate di karangasem, Lunch di Amankila resort Candidasa, penangkaran burung jalak Bali di Taman Nasional Bali barat di kabupaten Negara..*deket gilimanuk*,dolphin watching di Lovina singaraja, menyelam/surfing di Amed-Tulamben, ke pulau menjangan..ke Taman air Gangga..
*lunch di Amankila Candidasa

*dinner seafood Jimbaran
 *
*Nusa lembongan..ini foto sudah dibeli sama agent Traveling Jepang lho..bagus ya..^^ bukan saya yg moto tapi suamiku dgn kamera pocket biasa lho ini..bukan SLR malah pixelnya kecil lagi..tapi emang nusa lembongan cantik sih ya dan tamunya juga cantik...

kalo inget2 tentang pengalaman guiding ini saya bersyukur banget karena banyak sekali teman2 Jepang saya sekarang ini ya dateng dari perkenalan saya menghadle liburan mereka, dan kalo orang Jepang kan orangnya suka membalas kebaikkan kita..jadi pas saya liburan ke Jepang malah saya diservice terus sama mereka..dapet tiket gratis ke tokyodisneyland, makan gratis..padahal mereka pas di Bali kan bayar malah saya dpt komisi dari tempat2 yg saya rekomendasiin hehe..
saya kangen deh jadinya pekerjaan saya ini..i love this job much..daisuki (bahasa jepang artinya "sangat suka")..pekerjaan yang sanga berkesan buat saya..







 

12 komentar:

  1. hihihiii lucu juga ya, tamu dari negara beda karakteristiknya beda ya? klo tamu indonesia apa mba? belanja oleh2 di krisna & joger yak? wkwkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mila,kalo dari jakarta anak muda maunya ke potatoe head beach club, Woo bar di W Hotel, Rock bar cafe yg lagi ngehistlah.trus tar pasti minta ke nasi pedas bu andika dan oleh2 joger n krishna itu udah pasti dah..kalo yang keluarga minta ke tanahlot,kuta,bedugul tp tetep terakhir ke krishna n joger hihihi

      Hapus
  2. wah..kayaknya enak banget ya jadi tour guide?
    sebenernya aku juga pengen jadi tour guide, tapi gimana mulainya ya??
    pengen yg sampek keliling indonesia dan tur luar negeri juga...hehe^^

    BalasHapus
  3. Kin mirmee: thanks udah mampir ya..utk jadi guide (kalo dr pengalamanku) kita hanya perlu tau sejarah ttg tempat pariwisata tsb,akses menuju ke tempat tsb.untuk sekolahnyapun ada biasanya utk ngedapetin license (ijin) guide tour adl dgn sekolah ttg bagaimana mjd guide yg baik,pariwisata dll itu selama 6-1thn setelah itu kita diharuskan magang 3bulan di travel(biro pariwisata) dan ikut test deh..di Bali prosedur resminya begitu.tp syarat2 utk bisa masuk sekolah guide ini saya krg paham juga cos saya guide ilegal heheh (honorer biasa aja,guide utk teman2 suami saja) tp kebanyakkan guide spt saya itu byk bgt di Bali tapi meski mrk gak punya lisence tp ilmu mereka gak kalah dgn yg profesional..biasanya guide honorer itu berangkat dari mantan pegawai suatu travel misalnya sopir,pokoknya org2 yg pernah bekerja di dunia pariwisata..seorang surfer atau yg nyewain papan surfing di pantaipun bisa jd guide kok..yg kita perlukan hanya pengetahuan ttg tempat pariwisata,dan link utk mencari tamu..ada yg bikin pamplet tour yg mereka sebarkan melalui restoran atau nyewa tempat di bandara..atau bikin website di internet..sebenernya sih ini gak boleh ya krn gak menjamin si guide itu baik/gak,data2 di ikatan pariwisatapun identitas si guide gak ada tp krn saking byknya ya dimaklumin saja hihihi

    BalasHapus
  4. Pingin sekolah guide tp g tau dimana ..blh ks infonya dong mbak .dr dulu saya Sring ngayal jd guide :D he..he

    BalasHapus
  5. ira beni affet yeter ne olur kalbim çok ağlıyor AKU CINTA KAMU ıra bana bir sans daha ver lütfen lütfen lütfen....

    BalasHapus
  6. ira beni affet yeter ne olur kalbim çok ağlıyor AKU CINTA KAMU ıra bana bir sans daha ver lütfen lütfen lütfen...

    BalasHapus
  7. Mba Arin tahu info sewa Mobil di bali drive nya bisa Bahasa Jepang tidak??
    Hub saya ya
    819099523355

    BalasHapus
  8. Mba sya minta tlong,,,,banget,,,kira" tempat mana saja yang memberi kan komisi bagi pengemudi yg udah nganter ke tmpat wisata,spa,restaurant,dll.tlong ya mba,,,please,,,,

    BalasHapus
  9. Mba Arin,saya sangat ingin menjadi guide independent,tapi secara personal saja bukan rombongan.
    Pernah satu kali jd guide amatir tamu dari London, and it's really fun.
    Bisa kasih recomend mba,dimana saya bisa ikutan dalam rombongan guide agar saya punya pengalaman yang lebih banyak. Saya tinggal di Kuta-Bali.
    Terima kasih mba Arin.

    BalasHapus
  10. Jasa transport murah dibali
    Gede Bali trans. Info lebih lanjut bisa
    Tlp 081238363163
    Wa 085792096086
    Wa 085792096086

    BalasHapus
  11. Hai Kak. Aku mau nanya, kan aku punya cita cita jadi Tour Guide bajasa Jepang. Dan aku maunya sekolah di Bali. Bisa tolong rekomendasikan sekolah di Bali? Thanks.

    BalasHapus