Cari Blog Ini

Minggu, 26 Mei 2013

Japanese Food part#2 :Snack

Japanese food makin merajalela ya di kanca mancanegara..tapi saya kok masih gak begitu bisa menikmatinya..mungkin karena saya suka makanan yg full bumbu dan pedas..kalo masakan Jepang kan semua serba simple,fresh dan sehat..hihi jadi kalo saya anggepnya hambar hehe..
Tapi kalo ngomongin desert di Jepang/kue2nya aduhhh enak2 bangetttt..karena bahannya emang kualitas bagus dan didukung oleh penampilan yg cantik jadi bikin lafarrr mata..brand snack/desert yg udah mendunia contohnya Bread Papa (kue soes yg berisi aneka krim),Tokyo banana (kue berbentuk pisang sebagai oleh2 khas tokyo),coklat kitkat dgn berbagai jenis rasa (sebenernya Kitkat bukan produk Jepang tapi hanya di Jepang coklat kitkat banyak variasinya dari greentea,bluberry,rasberry,brownsugar,chesse dll), POCKY (coklat stick, kalo di Perancis diganti namanya jadi merk MIKADO tapi emang made in Japan..),Mister Donuts (kalo menurutku donat yg paling enak aku coba ya mister donuts ini,rasa manisnya pas..gak blenek abis maemnya),Roll cake gitu..sekarang lagi trend Roll cake merk Madame Sinco (baca:madam sinko,berasal dari Osaka),biasanya sering dijadikan souvenir wedding orang Jepang,konon untuk menikmati Roll cake ini kita perlu order 3bulan sebelumnya,aku perah coba tapi ya kalo aku sih kurang paham kue enak dan sangat enak itu bedanya dimana..jadi ya sama aja dgn roll cake yg lainnya..lalu ada berbagai macam crepes2 n soft ice cream (es krim cone gitu)..setiap ke tempat pariwisata biasa selalu ada gerai penjual soft ice cream ini..biasanya semua homemade..rasanya enakkk..kalo ke taman bunga suka ada ice cream rasa bunga hehe..variasi rasa banyak bgt.
*ini Tokyo Banana edan enak banget lho..foto diambil dari internet.rasanya lembut..dalamnya cream custard.kalo ke Tokyo beli oleh2 ini pasti semua senang.

*creepes
untuk kue tradisional Jepang biasanya adalah kue sebagai teman minum teh..seperti kue mochi (kyk mochi daerah Sukabumi-Jabar),mochi byk jenisnya ada yg rasa greean tea,ada yg didalamnya isi kacang tanah,kacang merah.ada juga mochi yg dibaluti wijen (kyk onde2),mochi yg dibalut tepung berwarna cokelat gitu (warabi mochi),ada kue mochi yang dingin cocok dimaem pas summer..dingin diperut..saya suka bgt kue mochi jenis ini.setiap daerah selalu ada oleh2 yg berjenis kue mochi ini,kue mochi juga sering disebut MANJU..selain mochi ada kue kesukaan doraemon yaitu Dorayaki..dorayaki adl kue yg bahannya sama kyk bikin pancake(tepung,susu,telur)tapi dorayaki didalamnya ada kacang merah ada juga isi krim custard,atau cokelat.bentuk dorayaki sama kayak surabi tapi lebih tebal.jenis kue ini juga sama juga dgn TAIYAKI bahannyapun sama hanya bentuknya seperti ikan TAI (tai itu artinya jenis ikan kakap=snapper),yaki itu artinya panggang..ada TAKOYAKI yaitu bola2 tepung isi tako=gurita,diatasnya dikasih toping daun bawang,cheese,dan mayonese.kalo di kota asalnya Osaka takoyaki didalamnya selain ada tako juga isi KONYAKU (kayak jelly gitu).makanan tradisional lainnya ada DANGO yaitu kue dari tepung ketan (ketan atau apa ya pokonya bahannya sama digunakan utk bikin mochi,nah itu tepung apa namanya ya??) dibentuk bulat2 ditusuk kyk sate lalu dibakar,setelah matang dicelupkan ke saus asin (shoyu) gitu..kalo aku sih suka gak pake saus..yg polos aja..!SENBEI adalah artinya krupuk,krupuk jepang biasanya dimaem sebagai cemilan minum bir,krupuknya kayak cracker gitu rasanya kebanyakan ya rasa Shoyu (asin2 manis gitu) aku sih kurang suka tapi ada sepupuku org Indonesia asli sukaaa bgt sama senbei Jepang..
*Taiyaki

*counter Mister Donuts..tersebar diseluruh Jepang..

*cari donuts di mister donuts..yummyyyy

* didepan kedai Dango,biasanya selain jual dango sering ada taiyaki juga kok
*stick cokelat `Pocky`
*orang Jpg emang demen green tea ya..oia sekali2 coba es cream macha (es cream dgn rasa green tea..ini enakkkk bgt lho..biasanya selalu ada di menu desert restoran atau bisa beli di combini..kyk seven eleven atau lawson..semua combini pasti ada)


*berbagai macam KITKAT,biasanya kalo musim berganti package-nya berganti juga sesuai musim,dan tahun 2012 kemarin KITKAT adalah cokelat no 1 paling laku di Jepang

*berbagai macam Mochi/manju..

*mochi yg dingin..ada tepung berwarna cokelatnya yg disebut WARABI MOCHI
*mochi lagi

*snack penganggu berat badanku hehehe
*Baby Ramen,cemilan kayak anak mas atau mie gemess..tapi mengandung pork ekstrak..dulu sempet coba karena gak tau..eh beneran jujur kubilang ini enak.maafff.
untuk Yang Muslim snack Jepang yg kayak chips itu byk yg gak halal..palagi kalo ada rasa barbeque..itu kebanyakkan pork ekstrak,jadi kudu hati2 n hapalin tulisan pork dlm kanjinya..cos gak ada petunjuk bahan dlm bhs inggris..paling aman sih saya suka beli cemilan yg kue2 tradisional atau coklat..tp coklat juga ada yg mengandung Rum/wine lho..be carefull..kalo gak pilih snack/chips yg rasa Nori (rumput laut) rasanya kyk Lays/chitato..gitu,yg rasanya simpel aja rasanya asin gitu udah enak kok.
Kue produk Indonesia yg pernah saya temui di supermarket Jepang adalah DANISA..kue kering dlm kaleng gitu yg kalengnya warnabiru..lalu KOPIKO,trus malkist Roma n sekarang katanya ada cokelat BENGBENG juga kata temenku tapi aku belum nemuin..
*kopiko sebungkus 98yen (Rp.9800,-)

*penjual Takoyaki

*berbagai macam Senbei

*soft ice cream
oke untuk temen2 yg rencana mau liburan ke Jepang,mudah2an salah satu dari makanan diatas bisa dicoba ya..tapi semua rasa kan subjektif..enak disana blm tentu enak di orang lain lho ya..hihi tapi worth it utk dicoba..^^ untuk harga,paling murah harga produk Jepang utk snack adalah paling murah 50yen (kurs 1yen=Rp.93,-kurs bulan mei 2013),kebanyakan sih snack,chips,cokelat ukuran bar,mochi,taiyaki,dorayaki dan dango gitu sekitar 100-200yen..tapi kalo takoyaki sekitar 200-500yen.





7 komentar:

  1. kit kat green tea! arin kapan balik ke jkt? aku mau dong kit kat green tea nya huahahahahaha... sebel banget ya kenapa itu kit kat ga dijual aja di indo hehehehe...

    kue ikan itu namanya taiyaki toh... waktu kapan pernah beli di singapore, tapi ga tau namanya hehehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melissa: sippp nih aku masih lama lis ke jktnya nunggu lahiran dulu n anak udah bisa diajak perjalanan jauh mungkin tahun depan bulan mei,nanti aku bawaiin ^^

      Hapus
  2. waaah, jdi tau dgn jelas deh tentang kue2 jepang yang lgi heboh di IG. Dari kemarin mau mesen, tpi takut ga masuk ke lidah gw yng anti rasa aneh2..tapi baca post ini kyaknya si kitkat worth to try tuuh..

    thanks deaar ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kitkat enak say..yg pocky rasa almond itu enak bgt deh..tp di indo harganya jd mahal bgt ya
      Disini sekitar Rp.10.000,- harganya

      Hapus
  3. apaaaaaaaaa ?!?!?!?!?
    kitkat 10.000 aja di jepang ???
    huwaaaaaaa... T______T
    itu yang ktkat bag apa yang manaaaa ??
    huhuhuhuhu secara aku penggila greentea, salah satunya ya kitkat itu.
    mauuuu aku mauuuuuu... T____T

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bar say..kalo yg pack yg isinya bungkusan kecil2 gitu..harga Rp.30.000,-
      yang isi 16 bungkus apa 24 ya..lupa aku,sayang ongkos kirim postnya mahal deh..
      kalo ada yg mudik ke indonesia bisa titip yg bag gitu..
      tahun depan saya mudik saya bawain deh..kita kopdar ya..

      Hapus
    2. oemjiiiiii... murceeeeee...
      kalo' beli onlen bisa 90rb tuh yg bag isi 12,
      aku mauuuu kakaaaakkkk... T____T
      ayok yok ketemuan taun depaaann, atau klo pas aku ke japan mau borong aaahhh... :D

      Hapus